July 14, 2020

Bisakah ODHA Menikah dan Punya Anak?

Bisakah ODHA menikah? bisa dong dengan yang gak positif atau sesama positifnya? dua-duanya bisa kok.

Menikah dengan sesama HIV+
Ada baiknya odha menikah dengan pasangan yang sama positifnya. Rasa senasib memiliki riwayat hiv+ akan memberikan dukungan yang erat diantara kedua belah pihak. Selain itu tidak perlu ada kerahasiaan yang perlu disembunyikan diantara keduanya.

Yang perlu diingat disini adalah saat berhubungan badan harus memakai kondom ya walau sesama positifnya. Loh kalau pingin punya anak gimana? ya buka kondom, jika sudah hamil maka lanjutkan terus memakai kondomnya saat bercinta.

Oh ya, wanita yang sudah terapi ARV dan hamil maka penularan hiv dari ibu keanak isa ditekan hingga 2% dan tentu saja persalinan harus di bantu dengan dokter khusus.

Menikah dengan yang tidak positif
Adakah wanita yang notabentenya tidak positif mau menikah dengan lelaki yang ODHA? ada kok, mungkin perbandingannya 1000:1 kali ya. Dan mungkin pernikahan ini banyak yang menentang dari pihak keluarga wanita.

Pada saat bercinta sebaiknya menggunakan kondom, namun untuk program memiliki anak maka kondom bisa dilepas. Oh ya, sang ibu juga harus mengikuti program ARV ya biar sang anak tidak tertular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *