ViiV Mulai Fasa III Studi Tentang Efektifitas 2 Regimen ARV

Viiv Healthcare mengumumkan bahwa mereka saat ini telah memulai ‘Phase III trial’ penelitian tentang efektifitas penggunaan dua regimen ARV Tivicay (dolutegravir) + Epivir (Lamivudin) untuk orang ODHA yang sebelumnya mengkonsumsi tiga regimen ARV.

contoh-dua-regimen-arv

Pada umumnya ODHA yang melakukan terapi ART membutuhkan tiga regimen ARV untuk menurunkan jumlah virus HIV di dalam tubuh mereka. Tiga regimen yang diminum sekaligus ini lebih efektif dibandingkan dengan satu atau dua regimen.

Baca disini apa itu terapi ARV?

Kecanggihan ARV yang diproduksi pabrikan farmasi saat ini memang sudah meningkat dibandingkan dengan ARV jenis pendahulunya. Oleh sebab itu ilmuwan sudah memikirkan bagaimana hanya dengan dua regimen kita masih bisa mendapatkan efektifitas yang sama seperti halnya tiga regimen, alasan inilah yang mendorong ViiV untuk melakukan studi lebih lanjut.

Penelitian yang sudah capai Phase III merupakan tahap terakhir untuk bisa disetujui oleh FDA (Food Drug Administration) dan badan regulasi lainnya sehingga perusahaan farmasi bisa memproduksinya secara masal. Jika penelitian ini berhasil maka dua kombinasi ARV Tivicay golongan integrase strand transfer inhibitor plus NRTI Epivir akan menjadi regimen pertama yang menggunakan 2 ARV.

Baca disini berapa masa hidup OHDA yang sudah terapi ARV

Latar Belakang Penelitian ViiV
Studi ini melibatkan dua group yang diberi nama Gemini 1 & Gemini 2 dimana melibatkan 700 pria dan wanita dari Eropa, Amerika (utara, tengah, dan selatan), Afrika Selatan serta Asia Pasifik untuk menguji keamanan, kefektifan, dan toleransi dua regimen Tivicay+Epivir melawan Tivicay+Truvada.

Partisipan di pilih secara random untuk menerima Tivicay dengan Epivir atau Truvada. Para peneliti ini akan memonitor hingga 148 minggu kedepannya.