Tunda Terapi ARV Sekarang Badan Jadi Drop

Square

manfaat terapi arvPernah dengar pepatah, “Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali”. Rupanya pepatah ini tidak berlaku untuk orang dengan HIV atau ODHA.

Ceritanya tuh gini saya punya teman, usianya tergolong muda masih 22 tahun loh, sebut saja namanya Mr Z hehehe. Singkat cerita Mr Z ini dua bulan lalu baru di vonis HIV positif dengan CD4 yang hampir mencapai angka 200.

Untungnya tuh si Z ini tidak mengalami infeksi oportunistik, seperti TBC, toxoplasma, atau infeksi lainnya yang sering menyerang orang dengan HIV/AIDS. Pihak rumah sakit pun yang mengani dia sudah mendesak agar si Z masuk terapi ARV.

Sebagai informasi, terapi ARV atau Antiretroviral diberikan bagi orang dengan HIV positif guna menekan jumlah virus yang ada di dalam tubuh mereka dengan demikian orang dengan HIV positif bisa bertahan hidup seperti orang sehat lainnya.

Sayangnya si Z dengan berbagai alasan menolak untuk melakukan terapi ARV. Diantara alasan yang dia katakan pada saya adalah ga sanggup bila harus minum obat terus seumur hidupnya, belum siap untuk bisa patuh minum obat, atau ketakutan akan efek samping ARV,

Dua minggu lalu, si Z akhirnya minum ARV jenis ATRIPLA. Karena efek mual dan pusing (ini normal ya bagi HIV positif yang baru memulai terapi ARV akan merasakan efek mual atau pusing sekitar dua minggu atau satu bulan) Tapi inget efek mualnya tidak sepanjang waktu dalam waktu satu hari tapi memiliki jeda dan selanjutya kita tidak akan merasakan efek ini sama sekali jika tubuh sudah beradaptasi.

Perasaan mual ini membuat Z tidak mau makan, akhirya tubuh Z lemes dan akhirnya harus masuk rumah sakit untuk menerima infus. Andai kata Z memaksakan diri untuk makan dengan baik, dan bertahan untuk menangani rasa mual dengan cara sebagai contoh minum wedang jahe atau memperbanyak makan buah mungkin dia tidak dirawat di rumah sakit.

Jadi saya ingatkan kembali jika Anda HIV positif berapapun nilai CD4 Anda namun belum juga masuk terapi ARV maka saya sarankan segera hubungi dokter Anda untuk masuk terapi ini. Dengan ARV kita bisa hidup jauh lebih sehat seperti orang normal lainnya dan kita bisa panjang umur Amien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *