truvada versi indonesia



Apa itu Tuvada?
Truvada adalah nama dagang obat yang diproduksi oleh Gilead Sciences, California, Amerika. Obat ini sudah disetujui oleh FDA Amerika untuk tujuan penggunaan sebagai berikut:

-Bagian dari terapi ARV untuk orang dan anak (dengan bb min 17 kg) yang terinfeksi HIV. Sebagai bagain dari terapi ARV maka truvada di kombinasikan dengan regimen ARV yang lainnya.

-Untuk mengurangi resiko terinfeksi HIV bagi orang dewasa dan remaja (dengan bb minimal 35 kg ) yang tidak positif HIv namun memiliki resiko besar untuk terinfeksi penyakti ini. Metode pencegahan infeksi HIV ini disebut sebagai Pre-exposure prophylaxis atau PrEP.

Komposisi Truvada
Truvada terdiri dari dua regimen ARV dimana setiap tabletnya terdiri dari 200 emtricitabine (nama dagang emtriva) dan 300 mg tenofovir disoproxil fumarate (nama dagangnya Viread).

Bagaimana cara mengkonsumsi Truvada?
Truvada hadir dalam bentuk tablet dengan komposisi sebagai berikut,
200 mg emtricitabine dan 300 mg tenofovir disoproxil fumarate
167 mg emtricitabine dan 250 mg tenofovir disoproxil fumarate
133 mg emtricitabine dan 200 mg tenofovir disoproxil fumarate
100 mg emtricitabine dan 150 mg tenofovir disoproxil fumarate

Komsumsi truvada sesuai dengan saran yang dianjurkan oleh dokter. Truvada bisa dikomsumsi saat perut kosong atau setelah makan. Konsumsi truvada sesuai jadwal setiap harinya.

Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa minum?
Jika Anda lupa untuk minum truvada pada hari itu maka segeralah minum saat kamu ingat bahwa kamu harus minum obat. Namun, jika saat kamu tersadar untuk minum itu waktunya mendekati dengan waktu minum obat berikutnya maka sebaiknya dosis hari itu kamu lewati. Jangan meminum truvada lebih dari satu dosis di hari yang sama, begitu juga meminum dua tablet truvada sekaligus untuk mengganti dosis yang terlewat.

Bagaimana cara menyimpan truvada?
Simpan ditempat sejuk suhu antara 20 dan 25 derajat celcius
Simpan truvada tetap pada botolnya dan tutup rapat setiap kali kamu membukanya
Jangan terima truvada dari apotek dimana segel penutupnya sudah rusak, cek dan ricek saat kamu menerima botol truvada dari apotek tempat kamu mengambil obat
Jangan konsumsi truvada yang sudah kadaluarsa
Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Apakah di Indonesia tersedia truvada?
Ya, di Indonesia sudah ada truvada (box truvada di indonesia lihat gambar dibawah). Truvada ini digunakan untuk terapi ARV yang diberikan gratis oleh pemerintah. Truvada biasanya hanya terdapat di rumah sakit besar di setiap kota atau kabupaten. Bertanyalah kepada apoteker atau petugas rumah sakit apakah dilayanan kota Anda tinggal sudah tersedia truvada.

truvada versi indonesia

Efek samping truvada
Truvada bisa memiliki efek samping yang ringan sampai berat. Efek serius dari truvada adalah asidosis asam laktat di dalam darah dan permasalahan dengan hati (lihat bagian ‘Apa yang seharusnya Anda ketahui tentang truvada’)

Efek samping lain yang bisa terjadi saat Anda mengkonsumsi truvada adalah,

  • Timbulnya permasalahan ginjal atau memburuknya penyakit ginjal yang sudah ada atau gagal ginjal
  • Perubahan pada sistem imun dikenal dengan nama IRIS (immune reconstitution inflammatory syndrome). IRIS terjadi saat sistem imun di bangun pada saat seseorang mengkonsumsi ARV. Dengan semakin meningkatnya sistem imun maka infeksi yang dulunya bersembunyi maka akan nampak kembali.
  • Permasalahan yang menyangkut tulang (nyeri tulang, tulang yang semakin rapuh, atau osteopenia)

Berkonsultasilah dengan dokter jika kamu mengalami efek samping yang tak kunjung reda. Untuk mengethaui efek samping truvada yang lebih lengkap maka Anda bisa membaca label yang tersedia di dalam setiap kemasan truvada.

Apa yang seharusnya Anda ketahui tentang truvada?
Truvada dapat menyebabkan efek samping yang serius seperti asidosis asam laktat dalam darah atau permasalahan yang berhubungan dengan hati.

Segera hubungi dokter Anda jika beberapa gejala (yang berhubungan dengan asidosis asam laktat) muncul pada diri Anda,

  • Kelelahan atau tubuh terasa lemah
  • nyeri pada tulang
  • nafas menjadi pendek-pendek atau nafas terasa cepat
  • sakit dibagian perut, mual, dan muntah
  • tangan atau kaki yang terasa dingin atau berubah menjadi biru
  • kepala terasa pusing
  • detak jantung yang cepat atau tidak normal

Segera kontak dengan dokter kamu jika terdapat gejala ( yang berhubungan dengan masalah hati) berikut pada diri Anda,

  • bagian putih mata menjadi berwarna kuning begitu juga dengan kulit
  • air kencing berwarna keruh
  • kehilangan nafsu makan untuk beberaa hari atau dalam jangka waktu yang panjang
  • mual
  • rasa sakit di area perut

Truvada tidak dipakai untuk mengobata infeksi hepatitis B kronis. Orang yang memiliki infeksi HIV dan HBV yang diterapi dengan truvada, maka memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi truvada bisa saja mengakibatkan hepatitis B nya menjadi jauh lebih buruk. Sebelum mengkonsumsi truvada berkonsultasilah dengan dokter dan lakukan tes untuk hepatitis B

Jangan konsumsi truvada untuk mengurangi resiko terkena HIV atau disebut sebagai PrEP sebelum Anda melakukan tes HIV dan dinyatakan negatif.

Apapun bentuk konsumsi truvada harus dengan persetujuan dokter, kunjungi dan berkonsultasilah dengan dokter terdekat.

Apakah ada truvada versi generik?
ya, truvada jenis generik telah disetujui oleh FDA. Truvada paten diproduksi oleh Gilead Scinces, California, Amerika dengan harga 1500 US dollar untuk sebulan. Versi generiknya di produksi oleh Teva Pharmaceuticals dengan harga 80% lebih murah.

Apa yang harus saya beritahukan ke dokter sebelum saya mengkonsumsi truvada?

  • Jika Anda alergi terhadap salah satu atau dua komponen truvada yaitu emtricitabin dan tenofovir disoproksil fumarat
  • Jika Anda pernah mengalami infeksi hepatitis B
  • Jika Anda memiliki permasalahan dengan ginjal atau pernah menjalani transplantasi ginjal
  • Jika Anda memiliki permasalahan yang berhubungan dengan tulang
  • Jika Anda memiliki masalah lain yang berhubungan dengan kesehatan
  • Jika Anda hamil atau sedang program hamil maka efek truvada terhadap bayi yang belum lahir masih belum diketahui. Berkonsultasilah dengan dokter saat ingin merencanakan kehamilan dan Anda mengkonsumsi truvada
  • Jika Anda menyusui maka jangan menyusui saat anda HIV positif atau saat Anda sedang mengkonsumsi truvada
  • Jika Anda menggunakan obat KB maka truvada bisa menurunkan efektifitas pil KB tersebut. Konsultasikan dengan petugas kesehatan bagaimana cara terbaik mengkonsumsi pil KB yang dibarengi dengan konsumsi truvada.

Truvada yang digunakan untuk tujuan PrEP maka kamu harus terlebih dahulu memastikan bahwa kamu HIV negatif, caranya adalah dengan melakukan tes HIV. Sebelum menggunakan truvada untuk PrEP maka konsultasi ke pihak layanan kesehatan jika kamu memiliki hal-hal berikut ini,

  • gejala seperti flu. Gejala awal terinfeksi HIV mirip gejala flu seeprti kelelahan, demam, berkeringat di malam hari, muntah, timbul ruam, diare, nyeri persendian, sakit kepala, radang tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar limfa di bagian leher.
  • Kamu merasa bahwa kamu sudah terinfeksi HIV, dengan ini maka layanan kesehatan akan melakukan tes lebih jauh untuk meyakinkan bahwa kamu HIV negatif.

Selama mengkonsumsi Truvada untuk PrEP maka setidaknya tiga bulan sekali kamu pergi ke layanan kesehatan untuk melakukan tes HIV.

Referensi
https://aidsinfo.nih.gov/drugs/406/truvada/0/patient
https://www.truvada.com/patients?_ga=2.6213747.1790019620.1499700135-704353146.1493412792
https://www.hivplusmag.com/prevention/2018/6/20/fda-approves-generic-version-truvada
https://www.webmd.com/drugs/2/drug-91482/truvada-oral/details



Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *