Test VCT

Square

Positif HIV atau tidaknya seseorang hanya dapat diketahui melalui tes VCT. Apa itu tes VCT? VCT singkatan dari Voluntary Counseling Test (VCT) tes untuk mengetahui status hiv melalui proses konselitng sebelum tes, melakukan tes hiv, selanjutnya konseling sesudah hasil tes di peroleh dimana tes ini dilakukan secara sukarela.

Jika kehidupan yang kita lakukan beresiko seperti seks bebas tanpa menggunakan kondom, sering bergonta-ganti pasangan, atau menggunakan jarum suntik secara bersama maka ada baiknya jika kita rutin melakukan tes VCT enam bulan sekali.

Mengetahui status HIV sejak dini dapat membantu kita untuk bisa bertahan hidup. Status hiv yang telat dan diketahui pada saat tubuh drop maka terapi kita memerlukan banyak waktu untuk melakukan pemulihan. Jadi guys segera ya cek VCT.

Tes VCT tidak dipungut biaya, biasanya jika ada biaya itupun diperlukan untuk registrasi atau pendafataran pasien baru di rumah sakit tersebut. Anda bisa melakukan tes VCT di rumah sakit daerah kota tempat tinggal Anda atau melalui puskesmas.

Alternatif lain selain tes VCT
Banyak sekali saat ini gay yang takut untuk melakukan tes VCT. nah jika Anda tidak pernah melakukan tes VCT dan takut untuk menjalaninya. Cobalah untuk donor darah. Jika darah Anda baik-baik saja pihak PMI tidak akan menghubungi Anda. namun jika ada sesuatu yang bermasalah dengan darah Anda (contoh virus HIV) maka biasanya PMI akan menelpon Anda dan menyarankan untuk melakukan konsultasi di rumah sakit terdekat.

Tapi ya guys, cara ini tidak direkomendasikan. Untuk mengetahui status HIV Anda maka sebaiknya langsung ke rumah sakit yang dirujuk.

Daftar rumah sakit rujukan tes hiv bisa dilihat di link di bawah :

Rumah sakit rujukan tes hiv di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *