Teori Kecoak

Tulisan ini saya ceritakan kembali berdasarkan pidato Sundar Pichai, alumi IIT-MIT serta Kepala Google Chrome Golbal. Ada hikmah menarik yang bisa kita ambil dari kisah yang akan diceritakannya dan saya yakin bisa membuat kehidupan kita di masa mendatang jauh lebih bahagia.

— Teori Kecoa —-

Di sebuah restauran tiba-tiba seekor kecoa terbang lalu hinggap di paha seorang wanita pengunjung rumah makan tersebut. Spontan melihat serangga yang menjijikan itu perempuan ini berteriak panik sambil mengangkat tangan dan berdiri dari kursinya.

Reaksi yang mengejutkan ini tentu saja membuat panik yang lain, wanita ini kemudian mengibaskan-kibaskan roknya hingga kecoak hinggap pada wanita yang ada disebelahnya. Drama yang sama pun dimulai, teriakan terdengar semakin riuh.

Akhirnya seorang waiter datang untuk menenangkan kegaduhan tersebut, hingga kecoakpun hinggap di bajunya. Melihat kejadian ini waiter itu dengan tenang mengamati tingkah laku kecoak tersebut dan dengan sikap percaya diri dia menangkap kecoak itu dengan tangganya sendiri kemudian membuang kecoak itu keluar dari restauran.

Dengan menikmati kopi saya, saya pun berfikir apakah kejadian ini adalah kesalahan dari kecoak? Jika ya kenapa sang waiter tidak terganggu sama sekali saat kecoak itu hinggap di kemejanya? Waiter ini menanggapi kejadian tersebut hampir sempurna tanpa terganggu sama sekali.

Saya menyadari bahwa bukan teriakan ayah saya, teriakan boss saya, atau teriakan istri saya yang menggangu saya akan tetapi ketidakmampuan untuk menghandel situasilah yang mengganggu saya.

Hal yang sama terjadi saat macet, bukan macet yang membuat saya merasa frustasi namun ketidakmampuan saya untuk menghandle situasi yang disebabkan oleh macet itu sendiri yang membuat saya frustasi.

— Pelajaran yang dapat dipelajari dari cerita ini —–

Saya mengerti bahwa saya tidak seharusnya bereaksi dengan apa yang terjadi pada hidup saya, namun seharusnya saya melakukan respon terhadap hal tersebut.

Seperti cerita diatas, para wanita bereaksi dengan kejadian itu namun si waiter tepat melakukan respon.

Respon adalah sesuatu yang patut kita pikirkan untuk membuat hidup kita menjadi indah dan bahagia.

” Seseorang itu bahagia bukan karena semua yang ada disekitarnya sudah berada di jalan yang benar , akan tetapi tindakan yang dilakukannya terhadap segala sesuatu yang terjadi di kehidupannya dilakukan secara benar “