Temukan Masalahnya, Uraikan, & Cari Solusinya

Masalah odha bukan hanya dia memikirkan dirinya menderita karena sudah terinfeksi virus HIV namun di balik itu ada banyak hal yang dihadapinya. Beberapa hal mungkin dihadapi odha yang selama ini di share oleh temen-temen diantaranya adalah:

– rasa takut untuk menceritakan bahwa diri mereka odha kepada pihak keluarga
– ketakutan akan masa depan pekerjaan, bagaimana seandainya bos dan kolega tahu jika dirinya positif?
– apakah saya bisa diterima bekerja nantinya? dan bisa bekerja seperti orang yang tidak terinfeksi? (beberapa temen saya odha baru menginjak semester akhir kuliah atau bahkan baru saja lulus)
apakah saya bisa menikah dan memiliki anak?
– bagaimana saya bisa menjaga kesehatan agar saya bisa terus melakukan aktifitas seperti biasanya?
– bagaimana saya bisa mengatur kondisi keuangan dengan bertambahnya keperluan untuk membeli suplemen vitamin yang menunjang kesehatan saya?
– bagaimana saya bisa hidup dengan menyimpan rahasia di dalam diri saya?

Guys, brothers, and sisters apapun permasalahan yang kalian hadapi saat ini. Saran saya adalah uraikan masalah yang ada di otak kamu satu persatu. Jika perlu tuh dibikin catatan.

Nah setelah semua akar masalah sudah di buat daftarnya, nah baru deh memikirkan bagaimana solusi yang terbaik untuk memecahkan semua hal itu satu persatu.

Jika tidak demikian kita akan kepikiran terus. Tahu kan se bagai odha kita dilarang keras untuk stress apalagi hingga depresi sebab hal ini bisa mengganggu kesehatan kita.

Jadi jika kamu, kamu, dan kamu punya masalah saat ini. Yuk coba jangan dipikir, ditulis saja di buku catatan lalu cari SOLUSINYA . OK