Sampai Kapan Kita Bisa Bertahan Hidup Dengan ARV?

Square

Noel……sampai kapan kita bisa bertahan hidup dengan Arv?” , saya terima sms pagi ini dari salah satu temen yang hampir delapan bulan lalu divonis HIV.

Terbesit rasa sedih dalam hati saya begitu membaca sms dari teman saya itu. Sedih karena saya tidak bisa bertemu langsung untuk memberikan motivasi padanya, sedih tidak bisa memeluknya untuk memberitahukan kepadanya bahwa saya tahu perasaannya saat ini.

Teman saya ini tinggal disebuah kota yang jaraknya sekitar 2-3 jam jika ditempuh dari saya tinggal. Sms balasan yang saya berikan kepadanya adalah seperti ini.

“odha yang sudah masuk terapi arv maka memilikii masa hidup seperti orang normal pada umumnya,”

sms balasan dari saya itu bukan hanya omong kosong loh, sebab saya sudah melakukan riset di goole dimana salah satu jurnal menyatakan bahwa lelaki positif hiv yang melakukan hubungan badan dengan lelaki memiliki ekspetansi masa hidup hingga usia 75 tahun.

Masa hidup ini juga tergantung dari kecepatan seseorang didiagnosis hiv, memiliki riwayat penyakit kronis lainnya, dia merokok atau tidak, serta minum alkohol atau tidak.

Kemudian saya lanjutkan untuk mengirim beberapa sms lagi pada teman saya ini seperti ini,

Saya mengenal orang yang minum arv sudah lebih dari 10 tahun
Saya sendiri sudah minum arv lebih dari 5 tahun
Saya mengenal orang yang sudah tiga tahun minum arv
Saya menegenal banyak orang yang sudah setahun lebih minum arv

Dan Alhamdulillah keadaan mereka baik-baik saja. Yang ingin saya tekanakan jika mereka bisa melewati 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun bukannya kita bisa mengharapkan kehidupan untuk 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun atau bahkan 10 tahun lagi?

jangan menyerah temanku, kamu tidak sendirian. Di luar sana juga banyak kok odha yang juga minum arv dan membangun kehidupan mereka kembali 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *