PrEP Cegah Seseorang Terinfeksi HIV

prep itu apa sih

Tahukah kalian bahwa saat ini sudah tersedia pil yang bisa mencegah infeksi HIV? Yep, nama obat itu adalah PrEP. Untuk lebih jelas mengenai PrEP yuk baca artikel ini sampai habis ya

Apa itu PrEP?
PrEP merupakan singkatan dari Pre-Exposure Prophylaxis. Kata ‘prophylaxis’ itu sendiri berarti untuk mencegah atau mengontrol perkembangan suatu penyakit atau infeksi. PrEP merupakan cara dimana seseorang yang tidak positif HIV bisa mencegah dirinya atau melindungi dirinya untuk terinfeksi oleh virus penyebab AIDS ini.

Jika kamu mengkonsumsi PrEP sehari sekali dan suatu saat kamu terekspos oleh virus HIV karena berhubungan badan atau jarum suntik maka obat ini akan bekerja guna menahan virus agar tidak dapat berkembang dalam tubuh. Bersama dengan penggunaan kondom maka jika dikonsumsi perhari maka PrEP dapat melindungi Anda dari serangan HIV.

 
Siapa yang dapat menggunakan PrEP?
PrEP tidak bisa dikonsumsi oleh semua orang. CDC merekomendasikan bahwa PrEP hanya bisa dikonsumsi oleh orang yang tidak positif HIV dan yang bersangkutan memiliki kehidupan beresiko terkena HIV. Orang seperti ini contohnya adalah:

– Orang yang memiliki pasangan yang positif HIV
– memiliki banyak partner em el contohnya gay atau heteroseksual yang sering berhubungan tanpa kondom

Orang yang mengkonsumsi PrEP harus minum obat ini satu pil sehari dan diwajibkan kembali ke dokter setelah tiga bulan guna tes VCT, meminta resep lagi, dan konsultasi.

PrEP adalah salah satu cara yang sangat powerful untuk pencegahan HIV. Namun demikian untuk orang yang aktif secara seksual maka obat ini tidak 100% menjamin terhindar dari eksposur HIV. Oleh sebab itu individu yang menggunakan PrEP maka wajib melindungi dirinya dengan cara yang lain seperti:

– menggunakan kondom saat em el
– mengikuti tes VCT secara reguler bersama patner
– tes penyakit kelamin lainnya bersama patner
– lebih memilih kegiatan seksualitas yang rendah terkena HIV seperti oral
– menggunakan jarum yang steril dan tidak dipakai bergantian jika Anda pengguna jarum suntik.

PrEP merupakan cara dimana seseorang yang tidak positif HIV bisa mencegah dirinya atau melindungi dirinya untuk terinfeksi oleh virus penyebab AIDS ini.

PrEP juga efektif untuk orang yang baru sadar jika dia terekspos virus HIV misalnya telah melakukan hubungan badan dengan orang yang positif HIV tanpa kondom atau menggunakan jarum suntik bersama dengan seseorang yang terinfeksi. Tapi PrEP untuk tujuan ini maksimal harus dikonsumsi 72 jam setelah Anda merasa terinfeksi.

 
Apakah PrEP termasuk vaksin?
PrEP bukanlah vaksin. Saat ini belum ada vaksin HIV dan kabar baiknya adalah ilmuwan masih mengembangkannya di lab.

 
Apa kandungan PrEP?
PrEP sebenarnya adalah pil yang juga dipakai untuk terapi ARV bagi orang yang positif HIV. FDA menyetujui penggunaan PrEP yang tidak lain adalah Truvada yang berisi dua kombinasi obat yakni tenofovir serta emtricitabine. Dua obat ini bekerja dengan cara memblok jalur penting saat virus HIV membajak sistem imun kita.

Jika Anda mengkonsumsi PrEP setiap hari maka akan ada cukup obat dalam aliran darah Anda untuk memblok virus HIV akan tetapi jika Anda meminum tidak teratur maka dimungkinkan dalam darah tidak terdapat cukupp obat untuk memblok virus ini. PrEP hanya dapat di resepkan oleh dokter yang ditunjuk.

 
Seberapa efisienkah PrEP?
Dari studi yang telah dilakukan, group yang mengkonsumsi PrEP ternyata lebih rendah terkena resiko HIV dibandingkan dengan grup yang tidak mengkonsumsi pil ini. Efisiensi perlindungannya mancapai sampai 92%.

 

 

Amankah PrEP untuk dikonsumsi?
Dari hasil studi beberapa orang yang telah mengkonsumsi obat ini merasakan rasa yang tidak enak di dalam perut mereka serta kehilangan nafsu makan, namun hal ini adalah hal yang ringan dan akan berlalu setelah sebulan mengkonsumsi PrEP. Beberapa orang mengalami pusing ringan dan tidak ada efek berat yang temukan. Kunjungi dokter Anda jika Anda mendapatkan efek yang tidak biasa dan tidak segera hilang.