Pisang Bermanfaat Sebagai Anti HIV

Square

Tahukah kamu bahwa konsumsi buah-buahan sangat penting bagi odha. Buah mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan serat alami yang bisa menunjang kesehatan odha. Makan berbagai macam jenis buah dianjurkan bagi odha, tapi ada loh buah yang bisa menjadi prioritas dimana terdapat kandungan anti hiv. Mau tahu apa buah itu?

#PISANG#

Lektin Dalam Buah Pisang Sebagai Anti HIV
Peneliti dari University of Michigan mengisolasi lektin yang di peroleh dari buah pisang. Lektin protein yang berikatan dengan karbohidrat dimana senyawa ini mampu mengenali benda asing seperti virus, dan kemudian secara kimiawi berikatan dengan pathogen tersebut.

Nah, ternyata lektin pisang ini juga bisa mengakali virus hiv. Dimana lektin bisa berikatan dengan protein yang terdapat dalam pembungkus virus hiv yang dikenal sebagai gp120 sehingga hiv tidak bisa masuk kedalam sel cd4. Artinya lektin ini bersifat anti hiv. Lektin juga memiliki efektifitas yang sama seperti arv jenis T-20 dan maraviroc, dimana kedua arv ini banyak dipakai sebagai terapi HAART.

Berita gembiranya lagi ternyata lektin dalam buah pisang juga bisa mencegah terjadinya mutasi virus hiv? Kehadiran lektin ternyata mempersulit virus untuk melakukan mutasi.

Penelitian lebih lanjut di tujukan guna mengubah susunan lektin untuk bisa digunakan secara klinis. Jika nantinya lektin ini bisa dipakai sebagai arv maka akan memberikan arv dengan harga murah dibandinngkan dengan arv yang disintesis dari pabrik.

Yuk mulai sekarang jangan lupa ya masukan konsumsi pisang dalam diet Anda. Pisang yang direkomendasikan dari Musa acuminata seperti pisang berlin, pisang mas, dan pisang susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *