NEVIRAPINE

nevirapine adalah obat apa

INTERAKSI OBAT
Induksi CYP3A oleh Nevirpaine dapat menurunkan kadar obat dalam plasma darah yang digunakan secara bersamaan, yang dimetabolisme oleh CYP3A. Jadi bila pasien telah stabil pada dosis tertentu terhadap obat yang dimetabolisme oleh CYP3A dan memulai pengobatan menggunakan Nevirapine, diperlukan pengaturan dosis kembali obat tersbut.

Rifampisin/Rifabutin
Tidak terdapat data yang cukup untuk mengevaluasi pengaturan dosis bila Nevirapine digunakan bersamaan dengan rifampisisn atau Rifabutin sehingga obat ini boleh digunakan dalam bentuk kombinasi hanya bila betul-betul diperlukan dan harus dimonitor.

Ketokonazol
Nevirapine dan ketokonazol jangan digunakan bersamaan . Penggunaaan bersamaan Nevirapine dan Ketokonazol meghasilkan penurunan ketokonazol dalam plasma darah secara signifikan.

Kontrasepsi Oral
Tidak terdapat data klinik mengenai efek Nevirapine terhadap farmakokinetik kontrasepsi oral. Nevirapine dapat menurunkan konsentrasi kontrasepsi oral dalam plasma (juga kontrasepsi hormon lainnya) sehingga obat-obat tersebut hendaknya tidak digunakan secara bersamaan dengan Nevirapine.

Methadon
Berdasarkan metabolisme methadon, Nevirapine dapat menurunkan konsentrasi methadon dalam plasma darah dengan cara meningkatkan metabolisme hepatiknya. Terjadi sindrom narkotik pada psien yang menerima Nevirapine bersamaan dengan methadon. Pasien yang menggunakan methadon dan akan memulai menggunakan Nevirapine hendaknya dimonitor karena adanya sindrom tersebut dan hendaknya dilakukan pengaturan terhadap dosis methadon.

Redistribusi Lemak
Redistribusi/akumulasi lemak tubuh termasuk obesitas entral , pembesaran lemak, dorsoservival (buffalo hump). Perifera wasting, pembesaran payudara dan penampakan cushingoid telah teramati pada pasien yang mendapat terapi antiretroviral. Mekanisme dan konsekuensi jangka panjang belum diketahui.

Ditulis kembali dari pamflet yang terdapat dalam dos obat Nevirapine