NEVIRAPINE

nevirapine adalah obat apa

KONTRA INDIKASI
Nevirapine dikontraindikasikan pada pasien yang hipersensitif terhadap komponen kaplet.

PERHATIAN DAN PERINGATAN
Pada 12-16 minggu terapi dengan Nevirapine adalah saat periode kritis yang memerlukan pemantauan terhadap pasien untuk mendeteksi ancaman fungsi hati dan reaksi kulit.

Reaksi kulit yang mengancam hidup termasuk kasus fatal dilaporkan terjadi pada pasien yang mengkonsumsi Nevirapine. Termasuk sindrom Steven Johnson, nekrolisis epidermal toksik dan reaksi hipersensitif yang ditandai dengan ruam dan disfungsi organ. Pasien yang mengalami tanda-tanda atau gejala reaksi kulit berat atau hipersensitif hendaknya menghentikan penggunaan Nevirapine secepat mungkin.

Nevirapine harus dihentikan jika timbul ruam kulit atau hipersensitif. Beberapa faktor dapat meningkatkan resiko reaksi cutaneous termasuk kegagalan pemakaian dosis awal 200 mg per hari selama 14 hari dan keterlambatan dalam menghentikan pemakaian Nevirapine setelah muncul gejala awal.

Hepatotoksik berat termasuk hepatitis fuolminat fatal (peningkatan transaminase dengan atau tanpa hiperbilirubinemia, perpanjangan waktu tromboplastin atau eosinofilia), dilaporkan terjadi pada pasien yang mengkonsumsi Nevirapine. Beberapa kasus terjadi pada beberapa minggu pertama terapi. Penggunaan Nevirapine hendaknya dihentikan bila pasien mengalami ketidaknormalan ALT atau AST berat hingga kembali ke keadaan normal.Penggunaan Nevirapine hendaknya dihentikan bila terjadi ketidaknormalan fungsi hati. Hendaknya dilakukan monitoring ALT dan AST, khususnya selama 6 bulan pertama penggunaan Nevirapine.

Lama terapi antiretroviral hendaknya dibatasi. Pasien yang menerima Nevirapine atau antiretroviral lainnya biasanya mengalami infeksi oportunistik dan komplikasi infeksi HIV lainnya, sehingga hendaknya pengobatan dilakukan dibawah pengawasan dokter yang berpengalaman dalam pengobatan penyakit HIV.