NEVIRAPINE

nevirapine adalah obat apa

Monitoring pasien
Hendaknya dilakukan uji kimia klinik , termasuk uji fungsi hati, sebelum menggunakan Nevirapine dan pada interval waktu tertentu selama terapi.

Pengaturan dosis
Hentikan pemakaian bila terjadi ruam berat. Pasien yang mengalami ruam selama 14 hari pertama terapi hendaknya tidak meningkatkan dosis hingga ruam timbul lagi. Pemberian Nevirapine hendaknya dihentikan pada pasien yang pada uji fungsi hati menunjukkan ketidaknormalan (tidak termasuk GTT), hingga uji fungsi hati kembali ke keadaan normal. Penggunaan Nevirapine dapat dimulai kembali dengan dosis 200 mg perhari. Peningkatan dosis harian menjadi 2×200 mg sehari hendaknya dilakukan dengan hati-hati. Hendaknya pemakaian dihentikan secara permanen bila uji fungsi hati menunjukkan ketidaknormalan.

pasien yang menghentikan pemakaian Nevirapine selama lebih dari 7 hari hendaknya memulai dosis yang direkomendasikan yaitu 1 x 200 mg sehari selama 14 hari pertama, diikuti dengan 2 x 200 mg sehari. Tidak terdapat data dosis Nevirapine yang direkomendasikan untuk pasien yang mengalami disfungsi hati, insufisiensi ginjal atau dialysis.

Over Dosis
Antidot untuk over dosis Nevirapine belum diketahui. Kasus over dosis Nevirapine berkisar antara 800-1800 mg perhari, untuk lebih dari 15 hari telah dilaporkan. Pasien yang pernah mengalami oedema, erytherma nodosum, fatigue, demam, sakit kepala, insomnia, mual, infiltrasi fulmonary, vertigo, ruam, muntah, penurunan berat badan. Semua ini dapat dihentikan dengan menghentikan pemakaian Nevirapine.