NEVIRAPINE

nevirapine adalah obat apa

nevirapine adalah obat apa

KOMPOSISI
Tiap kaplet mengandung: Nevirapine 200 mg

Cara Kerja
Nevirapine merupakan nukleosida inhibitor reverse transkriptase yang memiliki aktivitas melawan HIV-1. Nevirapine mengikat secara langsung pada reverse transkriptase dan meblok aktivitas RNA atau DNA polimerase dengan cara menganggu sisi katalitik enzim. HIV-2 reverse transkriptase dan DNA polimerase pada manusia ( seperti DNA polimerase alfa, beta, gamma, dan teta) tidak dihambat oleh nevirapine.

Pada kultur sel, Nevirapine menunjukkan aktivitas aditif yang sinergis dalam melawan HIV pada kombinasi obat zidovudin, didanosin, stavudin, lamivudin, saquinavir, dan indinavir.

INDIKASI
Nevirapine diindikasikan untuk pengobatan infeksi HIV-1 yang digunakan dalam bentuk kombinasi dengan antiretroviral lainnya. Virus yang resisten tumbuh dengan cepat dan seragam ketika Nevirapine debrikan sebagai monoterapi, sehingga Nevirapine harus diberikan dalam bentuk kombinasi dengan sedikitnya dua antiretroviral lainnya.

DOSIS PEMBERIAN
Dosis yang diberikan sekali sehari 1×1 selama 14 hari ( harus dipenuhi karena dapat mengurangi ruam), diikuti dengan sehari 2×1 kaplet, dalam bentuk kombinasi , hendaknya diberikan informasi mengenai penggunaan obat tersebut.