jadwal minum arv saat bulan puasa

Bagi Anda yang baru memulai minum ARV setahun belakangan, mungkin memiliki pertanyaan bagaimana cara minum ARV pada saat bulan Ramadhan?

 

Umumnya odha memilih minum ARV diantara jam 7-11 siang kemudian diulang minum sekali lagi untuk 12 jam berikutnya (kecuali Anda yang diberi FDC ya yang cukup sekali minum)

 

Nah, tentunya Anda bingung kan apakah perlu mengubah jadwal minum ARV atau malahan tidak ikut berpuasa? Saya sarankan jika Anda dalam kondisi sehat dan mampu untuk berpuasa sebaiknya kita mengikuti bulan Ramadhan, bukannya dengan berpuasa kita akan bertambah sehat?

 

Tips minum ARV saat bulan puasa

Bagi Anda  yang minum ARV setiap 12 jam sekali, maka untuk bulan puasa ini sebaiknya Anda minum arv sesaat sebelum imsak, dan minum lagi sesaat setelah Anda berbuka.

Mungkin dokter tidak menyarankan hal ini, atau setidaknya dari pengalaman saya hampir enam tahun minum ARV dan saya sudah mengikuti enam kali ramadhan selama saya positif saya selalu mengubah jadwal minum ARV saya seperti diatas.

Dan saya Alhamdulillah masih sehat bugar. Berpuasa di bulan Ramadhan adalah hal baik dan semoga Tuhan YME memberikan kita kesehatan selalu.

 

Tetap semangat menjalankan puasa ya saudaraku yang positif 🙂

 

8 Replies to “Mengubah Jadwal Minum ARV Saat Berpuasa”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *