Mau Pilih Mana? Ga ML, Setia, Gonta-ganti, atau Alternatif?

Square

Sebagai ODHA (Orang Dengan HIV AIDS) tentunya kita sering dipusingkan dengan bagaimana kehidupan seks kita selanjutnya. Gak heran jika saya sering mendengar darr para ODHA newbie yang mengatakan seperti ini, ‘Saya bakalan ga em el lagi deh,!’ atau seperti ini, ‘kayaknya saya enggak mau begituan lagi kapok dah,!’.

pencegahan-positif-hiv

 

Wajar sih bila beberapa orang yang pertama kali divonis HIV mengatakan hal seperti itu. Akan tetapi yang perlu kita ketahui adalah bahwa sebagai manusia kita masih memilikii hak untuk bisa memiliki kehidupan seksualitas.

 

Jika ditanya, ‘Bolehkan ODHA melakukan hubungan badan?’, Saya rasa semua akan setuju dengan saya jika saya mengatakan bahwa, ‘Tidak ada larangaan untuk em el bagi orang yang sudah dewasa bukan?’ Tapi yang perlu diingat disini adalah bahwa kita melakukannya dengan menggunakan perlindungan (baca: menggunakan kondom).

 

Pentingnya em el menggunakan kondom bagi ODHA
Walaupun status kita sudah positif namun saat kita melakukan hubungan badan dengan orang lain (baik positif atau negatif) disarankan untuk menggunakan kondom, kenapa? Berikut alasannya:

  1. Untuk mencegah kita terkena IMS, gak bayangin kan kita tuh sudah ada virus HIV di dalam tubuh kita tapi gara-gara maen ga pake kondom akhirnya kita kena IMS seperti herpes, GO, atau Sifilis? Kalau tidak mau jatuh tertimpa tangga pula maka gunakan pelindung ya Friends.
  2. Mencegah kita terkena virus HIV yang lain. Jika kita em el dengan sesama ODHAnya dan tidak memakai kondom dikhawatirkan virus HIV dari orang lain akan bercampur dengan virus kita. Alhasil bisa saja virus yang berbeda ini bisa bermutasi menghasilkan virus yang lebih bahaya dimana ARV yang kita konsumsi resisten terhadapnya, ujung-ujungnya kita bisa ganti regimen ARV.
  3. Dengan menggunakan kondom maka kita memberhentikan penularan HIV ke orang lain. Biarlah virus HIV ini berhenti pada kita, ga usah punya dendam untuk menularkan kepada orang lain. Ingatlah karma, apapun yang kita lakukan pada orang lain baik positif atau negatif maka akan ada balasannya dari Tuhan YME.

 

Pilihan em el bagi ODHA
Dari modul pencegahan positif HIV, sebagai orang yang berstatus positif HIV kita memiliki 4 pilihan dalam kehidupan seksual kita. Keempat pilihan itu adalah:

  1. Tidak melakukan em el sama sekali
  2. Melakukan hubungan seks dengan satu orang tapi dengan menggunakan kondom.
  3. Melakukan hubungan seks denngan banyak orang akan tetapi dengan menggunakan kondom
  4. Seks alternatif (onani, alat bantu seks, dll)

 

Apakah pilihan em el bisa berubah?
Dikemudian hari pilihan seks yang kita pilih hari ini bisa jadi berubah. Sebagai contoh saat awal dideteksi maka biasanya kita menutup diri dan kemudian tidak melakukan em el sama sekali. Namun dengan berjalannya waktu maka bisa saja yang bersangkutan ini menemukan pasangan dan akhirnya memilih pilihan kedua yaitu melakukan hubungan badan dengan satu orang tapi menggunakan kondom.

 

Jadi bro slogan bagi orang dengan HIV dalam melakukan hubungan badan adalah, ‘Apapun pilihan seks yang kalian buat pastikan bahwa Anda menggunakan kondom ya’

 

Disclaimer: Artikel ini tidak bertujuan untuk mengajarkan orang untuk em el akan tetapi semata-mata hanya ditujukan untuk memberikan informasi yang tepat mengenai pilihan em el bagi ODHA agar mereka tidak menularkan HIV kepada orang lain.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *