Kenapa Harus Takut Minum ARV?

Square
efek samping minum arv
kapsul ARV

Kemarin diminta datang oleh Suster R ke rumah sakit tempat saya mengambil ARV, selidik punya selidik ternyata saya dan dua orang teman saya dimintai tolong oleh Suster R untuk memberikan motivasi pada anak yang baru saja divonis HIV.

Sebut saja namanya Moses, usianya baru 22 tahun (OMG usia sebegitu mudanya sudah positif HIV, bayangkan bukankah dia terinfeksi sejak usia 17 atau bahkan 18 tahun–alasan inilah seharusnya bisa dipakai pemerintah untuk memberikan pendidikan seks yang bagus di sekolah).

Moses mengatakan bahwa hanya ibunya saja yang saat ini mengetahui statusnya selain saya dan dua orang teman saya beserta staf VCT. Dan nelangsanya saya saat dia mengatakan bahwa ibunya menangis ketika mendengar bahwa dia positif HIV. (Diperlukan keberanian yang kuat untuk menceritakan status kita pada keluarga, hinga kini pun hanya adik saya sebagai pihak keluarga yang mengetahui status saya).

Beruntungnya si Moses dengan CD4 yang hanya 167 dia tidak terkena infeksi oportunistik (baca TBC, toksoplasma, dan yag lainnya). Kondisinya masih sehat bugar seperti orang biasa. Lalau saya mengatakan kenapa takut terapi ARV?

Kekhawatiran terapi ARV yang diminum harus tepat waktu, seumur hidup, dan efek sampingnya rupanya menghantui hati Moses. Dan saya rasa masih banyak ODHA di luar sana yang juga memiliki ketakutan yang sama dengan Moses.

 

Tanpa ARV ODHA tak akan bisa hidup seperti orang normal

Saya mengatakan pada Moses seperti ini, ODHA tanpa adanya ARV tak akan banyak yang akan berhasil bertahan hidup hingga sekarang. Banyak ODHA yang saat ini masih hidup dibandigkan dengan ODHA yang wafat karena bantuan ARV.

Lalau bagaimana dengan efek sampingnya?
Paling parah efek samping ARV adalah anemia dan itupun bisa ditolong dengan tranfusi darah. Kasus lain adalah timbul ruam di seluruh badan. Jika Anda kita tidak cocok dengan satu ARV maka dokter akan mengganti dengan jenis ARV yang lain.

Untuk temanku Moses dan ODHA yang lain yang masih takut dengan ARV, tahukah kalian bahwa manfaat kita minum ARV masih jauh lebih banyak dibandingkan dengan efek sampingnya yang hanya ditimbulkan sesaat (contoh kasus saat awal saya minum ARV saya hanya merasa mual dan agak pusing yang saya rasakan kurang lebih satu bulan, setelah itu tubuh saya tidak mengalami hal ini)

Dengan ARV banyak ODHA yang ada di Indonesia sekarang bisa bertahan hidup, saya mengenal orang yang sudah 8 tahun lebih minum ARV, ada yang setahun lebih minum ARV, dan saat ini kondisininya masih sehat. Saya pun sudah minum ARV sejak 4 tahun yang lalu dan saat ini Alhamdulillah sehat.

So, buat ODHA yang lain yang saat ini masih belum terapi ARV, segera ya hubungi konselor Anda dan segera konsumsi ARV agar kita bisa bertahan hidup dan menggapai impian kita yang masih tertentuda.

with LOVE your really care friend ­čÖé

Comment

One Reply to “Kenapa Harus Takut Minum ARV?”

  1. Mas hari ini adalah hari pertama saya terapi arv, saya skarang masih takut dngn efek yg diakibatkan oleh arv..tolong saya mas saya stres..takut dan takut akan efek sampingnya..oh ya 3 bln kebelakang cd4 saya masih diatas 1000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *