Kalau Bisa Pakai Dua Rejimen Kenapa Harus Konsumsi Tiga?

Kabar baik bagi odha. Terapi ARV yang mewajibkan orang dengan HIV positif harus minum minimal tiga rejimen ARV setiap hari kemungkinan besar beberapa bulan kedepan akan diganti dengan dua rejimen. Hasil studi menunjukkan terapi ARV dengan dua rejimen sama efektifnya dengan yang selama ini menggunakan tiga variasi ARV.

Diberitakan dari POZ saat ini ViiV Healthcare telah mengajukan aplikasi terhadap FDA (Food & Drugs Administration, Amerika) serta EMA (European Medicines Agency) untuk penggunaan terapi ARV yang hanya menggunakan dua rejimen ARV. Permohonan yang diajukan oleh ViiV ini berdasarkan hasil penelitian fasa III SWORD-1 dan SWORD-2 dimana hasil studi ini bersifat non-inferiority, yang artinya bahwa hasil penelitia baru ini ekuivalen dengan terapi sejenis yang selama ini telah dipakai sebagai standar. non-inferiority.

Penelitian melibatkan 1000 partisipan dengan viral load tidak terdeteksi, dimana mereka awalnya menggunakan terapi ART dengan tiga atau empat buah rejimen ARV. Secara random sukarelawan dipilih untuk mendapatkan rejimen tetap seperti yang selama ini mereka konsumsi atau dipilih untuk diganti ARV nya dengan menggunakan Tivicay serta Edurant dalam bentuk satu tablet. Setelah 48 minggu kemudian para partisipan di teliti viral loadnya dimana hasilnya kedua group masing-masing menunjukkan hasil VL yang tetap tidak terdeteksi.

FDA memastikan bahwa mereka akan memberikan jawaban pada Januari 2018. Jika badan ini menyetujui aplikasi ViiV maka terapi dua rejimen ARV ini akan menjadi pengobatan pertama dengan menggunakan varian ARV paling kecil .

Sekilas tentang Tivicay dan Edurant
Tivicay atau dolutegravir adalah ARV jenis ARV dari golongan inhibitor integrase sedangkan Edurant atau rilpivirine dari jenis non-nucleoside reverse transcriptase inhibitor (NNRTI). Kedua jenis ARV ini harus dipakai secara kombinasi dengan jenis ARV yang lain agar hasil yang diperoleh efektif dan mencegah resistensi. br/>