Ini Gila! Vaksin HIV Bisa jadi Ditemukan Dari Sapi

Square

penyembuhan hiv dari sapi

Kabar terbaru mengenai penelitian vaksin HIV datang dari peneliti Scripps Institute of technology, International AIDS Vaccine Initiative and texas A&N (IAVI) yang menemukan bahwa penyembuhan HIV dengan menggunakan vaksin datang dari sapi. Yup para ilmuwan disana menunjukkan bahwa jika sapi diinjeksi dengan menggunakan virus HIV maka mamalia ini dengan cepat membentuk antibodi guna membunuh virus penyebab AIDS tersebut.

Dilansir TemanSehati dari laman Topyaps, Direktur IAVI bagian antibodi menjelaskan bahwa,

“Sungguh mengejutkan. Hal ini terlihat gila sekaligus sangat menarik. Respon yang diberikan sapi untuk membentuk antigen sangat cepat–hanya dibutuhkan waktu antara sebulan sampai dua bulan–dimana waktu ini melebihi dari apa yang kami ekpetasikan,”

Tim peneliti menyuntikan imunogen HIV, yaitu sebuah protein yang didesain untuk mendapatkan respon sistem imun terhadap virus pada sapi berusia muda (dibawah satu tahun) dan diperoleh bahwa dengan waktu cepat sapi-sapi muda ini mengembangkan bNAbs terhadap HIV di dalam darah mereka, bNAb adalah antibodi yang dapat menetralkan sel dari antigen.

Lebih lanjut peneliti kemudian mengisolai antibodi tersebut dan diberilah nama sebagai NC-Cow1 yang mana memiliki potensi yang poten untuk melawan virus HIV. Dengan adanya penemuan ini maka ilmuwan berharap dikemudian hari bisa dikembangkan vaksin yang mampu melawan virus HIV di dalam tubuh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *