Hati-Hati Pengguna Efavirenz Bisa Di Duga Sebagai Pemakai Narkoba

Square

hubungan-antara-efavirenz-dengan-hasil-positif-tes-narkoba

Siapa yang tidak takut dituduh sebagai pengguna narkoba padahal kita tidak memakainya sama sekali. Hal ini ternyata kerap sekali terjadi pada ODHA yang terapi ARV nya menggunakan jenis Efavirenz. Cari tahu yok kenapa hal ini bisa terjadi.

Efavirenz dan hasil positif-palsu tes narkoba
Peneliti telah menunjukkan bahwa tes urin secara random terhadap ODHA yang mengkonsumsi efavirenz bisa saja dituduh sebagai pengguna mariyuana akibat hasil positif-palsu tes narkoba. Kesalahan ini disebabkan karena pemakai efavirenz dapat menghasilkann hasil positif-palsu untuk tes senyawa ‘benzodiazepines’ (sejenis obat penenang) yang biasa di gunakan untuk menskrining tes obat-obatan terlarang.

Dari jurnal Clinical Infectious Diseases yang diterbitkan secara online, Antje Blank, MD dari University Hospital Heidelberg, Jerman mempelajari bagaimana pasien-pasien mereka selalu mendapatkan hasil positif untuk benzodiazepines dengan menggunakan Triage 8 drug screen padahal mereka tidak menggunakan obat terlarang tersebut.

Triage 8 drug screen merupakan alat yang dipakai untuk menentukan secara kualitatif hasil metabolisme obat-obatan terlarang yang ada di urin seperti benzodiazepines, kokain, amfetamin, methadone, tetrahydrocannibol, opiates, barbiturat, serta zat tricyclic dan obat-obatan antidepresan

Blank merekrut 100 relawan yang semuanya positif HIV dimana separuh dari group itu menggunakan regimen yang berisi efavirenz (atripla atau sustiva) dan separuhnya lagi tidak menggunakan regimen berisi efavirenz. Seluruh pasien di skrining dengan menggunakan tool kit yang umum dipakai untuk tes urin seperti Triage 8, Drug Screen Multi 5, dan Drug Control 008A444.

Blank menemukan bahwa 50 pasien yang menggunakan efavirenz menghasilkan hasil positif untuk benzodiazepines pada Triage 8, dibandingkan dengan 1 orang yang tidak menggunakan regimen efavirenz. 46 orang menghasilkan hasil positif untuk benzodiazepines jika di tes dengan memakai Drug Screen Multi 5.

‘Disebabkan efavirenz adalah obat ARV yang umum diberikan kepada pasien HIV maka sangat penting bagi orang yang bertindak untuk melakukan tes obat-obatan terlarang serta pasien bahwa obat ini bisa menghasilkan hasil positif palsu untuk menghindari adanya salah paham saat melakukan tes ini,’ tutur Blank

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *