Hari AIDS Sedunia 2017: “Kesehatanku Adalah Hakku!”

Square

 

tema hari aids sedunia 20171 Desember selalu di peringati sebagai Hari AIDS Sedunia (HAS), tahun ini tema kampanye yang diangkat oleh UNAIDS adalah , My Health, My Right atau “Kesehatanku Adalah Haku” yang berfokus pada hak untuk sehat serta mengeksplorasi tantangan yang di hadapai oleh masyarakat berkaitan dengan hak asasi manusia yang sudah ada.

Kampanye ‘My Health, My Right’
Sebagaimana yang dilansir dalam International Covenant on Economic, Social and Culture Rights tahun 1966 yang menyatakan bahwa sehat adalah salah satu hak dasar yang dimiliki oleh manusia. Maka jika kita hubungkan dengan infeksi HIV setiap orang seharusnya memperoleh hak guna mendapatkan informasi yang cukup guna pencegahan serta pengobatan HIV sehingga mereka bisa melindungi tubuh mereka dari terinfeksi virus ini dikemudian hari terlepas dari usia, jenis kelamin, gender, orientasi, atau pekerjaan mereka.

Jika kita hubungkan dengan orang yang positif HIV maka mereka memiliki hak untuk mendapatkan akses pengobatan dengan kualitas yang bagus serta bebas dari diskriminasi.

‘Setiap orang terbebas dari usia, gender, dimana mereka hidup, atau siapa yang mereka cintai, mempunyai hak untuk sehat,’ tutur Direktur Eksekutif UNAIDS MichelSidibe seperti yang dikutip TemanSehati dari laman UNAIDS.

‘Apapun kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan mereka, setiap orang memerlukan solusi kesehatan yang mudah ditemukan dan tersedia, bebas dari diskriminasi serta memiliki kualitas yang bagus,’ tambahnya lagi.

Kampanye HAS yang di galang oleh UNAIDS ini mengingatkan kembali bahwa hak untuk sehat bukan saja melibatkan akses untuk layanan kesehatan serta pengobatan namun lebih luas lagi meliputi sanitasi serta sistem perumahan yang mumpuni, kondisi kerja yang sehat, lingkungan yang bersih bebas polusi hingga kepada akses terhadap hukum.

Dampak Jika Hak Untuk Sehat Dibatasi
Jika hak untuk sehat seseorang dibatasi maka ini akan berakibat sangat fatal. Dampak yang bisa dilihat secara nyata adalah mereka tidak akan bisa mencegah datangnya penyakit secara efektif sehingga terjadilah kesakitan, hal ini termasuk dengan hal yang berkaitan dengan HIV.

Orang yang termaginalkan seperti pekerja seks, pengguna jarum suntik, LSL (laki seks dengan laki), orang yang berada di dalam penjara, atau ara imigran adalah kelompok yang tidak mudah untuk bisa mengakses segala sesuatu yang berkenaan dengan kesehatan mereka, bahkan kelompok ini rentan terkena HIV.

Kampanye My Health, My Rights berupaya untuk mengajak setiap orang guna berbagi dengan yang lain mengenai hal yang berkaitan dengan hal untuk sehat serta menciptakan mobilitas guna penghapusan ketidaksetaraan hal yang berkaitan dengan kesehatan.

Dengan adanya kampanye ini UNAIDS berharap zero infeksi HIV baru, zero diskriminasi, serta zero kematian akibat AIDS atau yang lebih dikenal dengan 3-Zero bisa segera tercapai. Begitu juga dengan cita-cita mengakhiri epidemi AIDS pada tahun 2030 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *