Efek Samping Minum ARV (Antiretroviral)

Square

Baca artikel ini sampai selesai ya biar Anda bisa mempertimbangkan betapa besar manfaat obat ARV (antiretrovial) bagi para ODHA. \

Mengetahui apa saja efek ARV setidaknya tidak usah membuat kita merasa takut untuk segera memulai terapi ARV. Atau setidaknya dengan menyadari apa saja efek sampingnya maka kita seharusnya mulai berfikir untuk mencari solusi bagaimana bisa memperkecil efe samping tersebut, bener kan?

Yuk simak apa saja efek ARV yang sering dialami temen-temen yang sudah minum ARV.

Osteoporosis
Mineral penyusun tulang hilang dan tulang pun menjadi rapuh. Hal ini bisa diatasi dengan minum suplemen penambah kalsium atau minum susu setiap hari.

Lipodistrofi
Ini merupakan proses kehilangan lemak dibagian tubuh tertentu, seperti lengan, wajah, dan kaki. Atau penambahan lemak pada bagian tubuh tertentu seperti perut. Beberapa studi melaporkan bahwa hal ini bisa diatasi dengan cara olahraga secara teratur.

Anemia
Atau gejala kurang darah. Bisa diatasi dengan cara minum suplemen penambah darah. Jika terjadi anemia yang parah maka disarankan untuk merubah jenis ARV yang dipergunakan. Tes darah secara periodik bisa memberitahu apakah Anda mengalami hal ini atau tidak.

Ruam di kulit
ARV jenis Nevirapine bisa menyebabkan orang yang meminumnya mengalami ruam kulit, tapi hanya sebagian kecil orang yang mengalami alergi seperti ini. Segera pergi ke dokter yang menangani Anda jika terjadi ruam. Ruam muncul biasanya pada minggu pertama hingga kedua setelah konsumsi pertama ARV jenis ini.

Mual
Efek mual sering dialami oleh ODHA yang beru mulai terapi ARV namun hal ini akan hilang dengan sendirinya. Untuk menanggulangi hal ini maka makan dalam porsi dikit tapi sering, konsumsi minuman jahe hangat, dan perbanyak makan buah-buahan.

Saat terapi ARV kita tidak akan mengalami semua efek samping tersebut kok. Anda bisa membacanya pada pamflet ARV yang ada dalam kemasan untuk membaca efek samping yang lebih terperinci.

Namun yang lebih saya tekankan disini adalah efek samping diatas kebanyakan dialami saat awal minum ARV, setelah dua minggu atau sebulan maka tubuh akan terbiasa dan Anda tidak akan merasakan efek samping yang berarti lagi.

Banyak ODHA yang sudah tertolong dan masih hidup dengan ARV hingga saat ini, jadi jika dibanding dengan efek samping diatas maka ARV memiliki manfaat yang jauh lebih besar yakni HIDUP ANDA 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *