Didiagnosis HIV (+)

Square

Pertama Kali Di Diagnosis Positif, Apa Yang Harus di Lakukan?

Ketika pertama kali dinyatakan positif hiv, maka saat itulah menjadi satu momen yang memang tidak terlupakan bagi kita. Bahkan sudah berselang hampir lima tahun menjadi odha saya masih ingat tanggal saya dinyatakan hiv+.
Terdapat dua keadaan dimana Anda bisa dinyatakan positif dan keduanya memiliki penanganan yang berbeda, yakni :

1. Anda sudah dalam keadaan sakit
Sudah menjalani berbagai macam pemeriksaan dari a-z akan tetapi dokter belum juga menemukan penyakit yang kamu derita. Waspadalah sebab jika hal ini terjadi maka dokter kemungkinan akan meminta Anda untuk menjalani test VCT, dan viola!! setelah hasil tes diperoleh ternyata Anda positif HIV.

Apa yang Anda lakukan dalam keadaan seperti ini?

Saran saya tetap fokuslah untuk menyembuhkan infeksi yang ada dalam tubuh. Beberapa penyakit yang sering melanda ini antara lain TBC, toksoplasma, pembengkakan kelenjar getah bening, diare kronis, dll (tergantung stadium berapa hivnya).

Sebaiknya bersifat terbuka kepada keluarga mengenai status Anda ini, atau jika tidak memungkinkan beritahu orang kepercayaan Anda seperti mama atau papa. Suport dari orang terdekat akan membantu cepat tidaknya pemulihan Anda.

Kapan saya akan diberi ARV?
Dokter akan berusaha untuk menyembuhkan infeksi yang ada dalam tubuh Anda, jika didapatkan perkembangan yang baik maka dokter selanjutnya akan memberikan ARV pada Anda. Orang yang baru divonis hiv+ dan terkena infeksi TBC maka biasanya dua bulan setelah obat tb berjalan maka pasien sudah diberikan ARV.

Ketahuilah dengan adanya ARV maka jumlah virus yang ada dalam tubuh akan semakin berkurang, dengan hal ini maka sistem imun Anda akan mulai membaik alhasil Anda akan cepat kembali sehat.

Percaya pada saya bahwa disaat Anda sakit seperti ini maka mengumpulkan energi positif bahwa Anda bisa melewatinya adalah suatu hal yang amat mujarab, dan percayalah pada dokter Anda. Banyak gay yang awalnya sakit dan mereka kemudian ikut terapi ARV kini mereka kembali sehat dan bisa bekerja kembali.
Apakah saya boleh menggunakan herbal?
Jangan percaya dengan herbal macam apapun, saat Anda mengalami infeksi yang terbaik adalah percaya dengan apa yang dokter lakukan dan meningkatkan kesehatan Anda dengan banyak makan adalah hal yang terbaik guna mempersiapkan terapi ARV. Yakinlah bahwa hanya ARV dan keajaiban Tuhan yang saat ini Anda butuhkan.

2. Anda dalam keadaan sehat bugar
Beruntunglah Anda jika dalam masih keadaan sehat namun sudah mengetahui status Anda, bisa jadi saat itu Anda:

– mendonorkan darah ke PMI, kemudian Anda dikabari pihak yang bersangkutan bahwa darah Anda ditolak dan Anda direkomendasikan untuk pergi ke rumah sakit tertentu guna menjalani tes vct.

– Anda secara sadar memeriksakan status Anda tiap enam bulan sekali, tapi ini jarang terjadi dan jika ada Gay yang seperti ini , maka saya pantas acungkan jempol padanya.

– Anda mengikuti tes yang diadakan komunitas tertentu, beberapa pihak yang peduli hiv dan aids biasanya mengadakan mobil vct keliling dan Anda diajak teman atau sukarela memeriksakan diri.
Kuasai Mental Anda
Mau menerima bahwa saat ini Anda positif adalah jalan terbaik agar Anda bisa menghadapi kehidupan baru Anda. Memang dibutuhkan waktu untuk bisa ditahap ini, beberapa anak gay yang saya kenal bisa menerimanya seminggu bahkan ada yang sampai beberapa bulan.

Perasaan marah, menyesal, menghindari teman, sedih, atau bahkan keinginan untuk tidak mau hidup lagi adalah hal yang wajar. Tapi brow, yang ingin saya ingatkan disini adalah kehidupan barumu menjadi odha adalah satu kesempatan yang diberikan Tuhan, dan sekiranya kita harus menjalaninya dengan baik. Ini kesempatan bro, tidak banyak orang di beri kesempatan seperti ini maka pergunakanlah.

Jangan menghindari teman
Sudah tahu positif malah Anda menghindari teman Anda, ini salah besar bro!. Cukup beritahu sahabat terdekat Anda, pasti mereka masih mau kok berteman dengan Anda. Jika ada teman yang tidak mau berteman dengan Anda, maka tinggalkan dan carilah teman baru. Masih banyak kok yang ingin berteman dengan kita.

Hubungi teman Anda untuk sekedar ngumpul atau nonton film bersama, ini akan memberikan perasaan kebahagiaan pada Anda.
Pergi ke rumah sakit adalah hal yang akan menjadi kebiasaan Anda
Saat pertama kali di vonis positif dan Anda masih sehat maka Anda bisa saja sering pergi ke rumah sakit untuk melakukan beberapa tes, yang paling sering dilakukan adalah:

tes darah untuk mengetahui CD4
tes viral load 
– tes darah lengkap
– tes dahag untuk TB
– tes rontgen untuk TB

Jangan merasa bosan untuk pergi kerumah sakit disaat seperti ini sebab dikemudian hari Anda hanya cukup sekali sebulan ke rumah sakit. Jika dokter menyatakan tidak ada infeksi yang menyertai Anda maka tugas kamu sekarang adalah menjaga kesehatanmu.
Kapan saya masuk ARV?
Dokter akan melihat berapa besar CD4 kamu untuk menentukan apakah kamu segera masuk terapi ARV atau tidak. Jika CD4 kamu dibawah 500 maka kamu sepatutnya harus masuk ARV, namun jika diatas 500 maka kamu bisa memikirkan untuk tidak memakai ARV terlebih dahulu.

Ingat bro, ARV berfungsi untuk menekan jumlah virus yang ada dalam tubuh, dengan ARV maka odha bisa bertahan hidup lebih lama dan memiliki jangkauan umur seperti orang normal.

Jiak keputusan kamu sudah bulat untuk masuk ARV maka persiapkan diri kamu untuk mengikuti terapi ini dengan sebaik-baiknya seperti minsalnya,

mengetahui jenis arv yang diminum
– mengetahui efek ringan dan berat dari arv
– makan makanan bergizi
– berolahraga dengan teratur
– hentikan kebiasaan merokok jika Anda merokok
– untuk sementara jangan melakukan hubungan seksual jika tidak bisa dibendung maka gunakan kondom.
Carilah teman yang sesama odhanya
Dirumah sakit dibagian pelayanan VCT terdapat banyak orang yang sama seperti Anda. Usahakan membuat pertemanan dengan mereka agar kamu bisa berbagai informasi dan menggali pengalaman mereka yang terlebih dahulu menggunakan ARV. Kelompok dukungan sebaya (KDS) biasanya ada disetiap rumah sakit, kamu bisa join atau tidak dengan mereka. Ingat perasaan saling berbagai akan memberikan sensasi tersendiri bagi kamu, dan perasaan bahwa dikelilingi orang yang nasibnya sama akan membuat kamu jauh lebih bahagia dan lebih sehat.

Silahkan baca artikel di situs ini guna mendapatkan informasi yang lainnya mengenai hiv dan aids.

Comment

3 Replies to “Didiagnosis HIV (+)”

  1. Saya HIV positif dengan CD4 503 tp saya lgsg putuskan untuk ART .
    Apakah itu berbahaya utk kesehatan sisi lain saya ?

    1. Saya rasa menurut pengalaman saya itu tidak. Penobatan arv sejak dini adalah kunci keberhasilan terapi ARV. Tubuh yang masih sehat akan dapat lebih menerima arv dengan baik dibanding jika kita sudah terkena berbagai infeksi IO dan lalu masuk ARV. Kalao tidak salah untuk saat ini who menyaraknkan orang positif dengan CD4 dibawah 350 harus masuk terapi ARV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *