Darimanakah Asal-Usul HIV?

Banyak konspirasi yang beredar diluar sana mengenai asal muasal HIV, namun cerita berikut adalah hal yang masuk akal disebabkan informasi ini saya dapat dari situs terpecaya.

Ilmuwan mengidentifikasi sejenis simpanse yang berasal dari Afrika Tengah sebagai sumber infeksi HIV pada manusia. Ilmuwan mempercayai bahwa versi virus penyebab HIV versi simpanse yang disebut sebagai simian immunodeficiency virus, atau SIV umumnya berpindah ke manusia dan mengalami mutasi pada saat manusia di daerah Afrika sana memburu simpanse untuk makan dan mereka mengalami kontak dengan darah simpansi yang terinfeksi.

Studi lain juga menunjukkan bahwa HIV berpindah ke manusia dari kera sekitar tahun 1800 an. Selama bertahun-tahun virus HIV penyebarannya melambat disepanjang benua Afrika namun pada akhirnya virus ini pun menyebar ke seluruh penjuru dunia. Kasus HIV pertama kali di Amerika ditemukan pada pertengahan tahun 1970 an.

Di Indonesia kasus AIDS pertama kali muncul pada tahun 1987 dimana pada saat itu terdapat pasien berkebangsaan Belanda yang meninggal di Rumah Sakit Sanglah Bali. Kasus ini kemudian dilaporkan ke WHO dan Indonesia menjadi negara ke-13 di Asia yang melaporkan kasus AIDS.

Sumber:

  1. CDC: About HIV/AIDS
  2. KebijakanAIDSIndonesia.net: Sejarah HIV AIDS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up
Scroll Up