images (1)
Sebagai odha kita tidak akan asing dengan istilah CD4, setidaknya dua kali dalam setahun dokter akan menyarankan pada kita untuk cek lab guna mengetahui seberapa besar nilai CD4. Meningkatnya nilai CD4 dari waktu ke waktu selama kita konsumsi ARV akan menjadi pegangan ahli medis untuk memastikan bahwa terapi ARV yang kita jalani berhasil.

 

Memang sih ARV bukan satu-satunya standar yang bisa dipakai untuk menentukan keberhasilan terapi ARV, ada lagi yakni dengan menentukan jumlah virus dalam tubuh kita dan dikenal dengan istilah tes viral load. Akan tetapi biaya cek yang relatif mahal (antara 1-1,5 juta) menjadi alasan kenapa dipilih tes CD4 untuk tujuan ini.

 

Saat awal konsumsi ARV mungkin ada kekhawatiran dalam diri kita, “naik ga ya CD4 guwe setelah minum ARV”? secara umum jika ARV itu cocok dengan kita maka secara otomatis CD4 akan mengalami kenaikan. Sebagai contoh sejak minum ARV Oktober 2010 lalu hingga sekarang CD4 saya mengalami kenaikan dari 156 menjadi 637.

 

Saya sempet kaget juga jika ada temen yang CD4 nya 1017, WOW!!!! keren (sebagai perbandingan CD4 orang sehat antara 400-1500) hebat banget temen saya yang satu ini yang telah minum ARV selama 12 tahun.

 

So, bagi rekan-rekan yang baru divonis HIV jangan pernah takut ya untuk memulai terapi ARV, jika dibandingkan antara efek samping dengan manfaatnya maka masih banyak kok faedahnya. Apalagi dengan minum ARV kita bisa hidup lama seperti orang normal, jadi seperti mendapat kesempatan kedua yang tidak boleh kita sia-siakan untuk menjalani hidup lehih baik.

 

Semangat yaaaaa

7 Replies to “CD4 nya tingggi banget”

  1. saya mau tanya, teman saya terkena hiv, tetapi HB nya 8,9 dan leukosutnya 2,9. sedangkan LED nya 75. Apakah dengan keadaaan seperti ini bisa memulai pengobatan hiv? sedangkan cd 4 nya hanya 5.bahaya gak sih kalo cd 4 nya rendah banget?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *