Berhenti ARV Hanya Karena Putus Dari BF

Square

efek dari berhenti minum arv

Kemaren ceritanya ketemu dengan seorang temen yang udah lama tidak bertemu. Temen saya ini sebut saja namanya Simon. Nah kebetulan Simon ini termasuk salah satu anggota dari group KDS (Kelompok Dukungan Sebaya) yang saya ikuti. Tapi sayang karena kesibukan kerja kita tidak berjumpa selama 6 bulan.

 

Seperti biasanya jika dua orang teman bertemu kan mereka saling menanyakan kabar, ngobrol masalah conq, ngobol masalah kerjaan, BF , dan tetek bengek yang menyertai kehidupan sebagai conq.

 

Setelah bergulir bercerita sana sini, saya pun kaget mendengar pengakuannya yang mengatakan bahwa dia berhenti ARV. Dan shocknya lagi dia sudah tidak mengkonsumsi obat itu selama enam bulan.

 

‘Sejak putus dari BF yang sudah dimilikinya selama tiga tahun dia pun akhirnya males untuk minum ARV,’ Simon melontarkan alasannya.

 

APAAAAAAAA? hanya karena putus dari pacar kemudian kita memutuskan untuk tidak minum ARV? What a ssilly thing!!!!

 

Akhirnya saya pun menjelaskan bahwa tubuhnya saat ini mungkin dalam keadaan sehat tapi virus yang ada di dalam akan berkembang biak dan semakin banyak. Kemungkinan setahun atau dua tahun maka dia bisa saja terkena infeksi oportunistik. Saya pun memberikan serangkaian contoh kasus anak-anak odha yang meninggal akibat putus ARV.

 

Selanjutnya saya pun menjelaskan bahwa ARV dapat membantu menekan jumlah virus hingga ke angka yang tidak terdeteksi. Dengan begitu tubuh kita akan sehat terus seperti orang normal (baca bukan odha)

 

Baca disini apa istilah jumlah virus tidak terdeteksi!

 

Alhamdulillah temen saya pun mengatakan bahwa sehabis lebaran dia akan mencoba untuk kembali kerumah sakit.

 

Teman bukankah hal yang konyol jika kita putus dari BF dan kemudian memutuskan untuk berhenti ARV. Bukankah BF bisa di cari lagi, lalu bagaimana jika kita kehilangan nyawa? pikirkan keluarga kita, pikirkan ortu kita, pikirkan keponakan kita yang masih kecil bagaimana jika kita meninggalkan dunia ini dengan cepat hanya kerena kita terkena IO?

 

Yuk sehat terus dengan mengkonsumsi ARV ya…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *