ARV Jenis Emtricitabine

Emtricitabine adalah salah satu jenis obat antiretrovial atau arv yang dipakai untuk terapi orang dengan HIV dan AIDS. ARV ini tidak membunuh virus hiv dan harus di minum secara kontinyu selama yang bersangkutan hidup.

Emtricitabine tergolong arv jenis nucleoside reverse transcriptase inhibitors (NRTIs) dan diberikan bersama arv lain sebagai kombinasi. Beberapa merk arv mengandung emtricitabine seperti atripla, truvada, dan eviplera.

Emtricitabine bekerja dengan cara memblok perkembangan virus hiv dengan demikian jumlah virus dalam tubuh odha bisa berkurang, sehingga orang yang positif hiv tidak berada dalam fase aids dan bisa hidup jauh lebih lama.

Efek samping Emtricitabine
Efek samping ini dialami oelh 1 orang diantara 10 orang yang memulai terapi dengan Emtricitabine. Beberapa efek sampingnya diantaranya:

Gangguan pencernaan, sakit dibagian perut atau perasaan tidak nyaman pada perut, solusinya makan dalam porsi kecil tapi sering, hindari makanan berempah, konsultasikan dengan dokter.

Diare, solusinya minum banyak air

Sakit kepala (pusing), solusinya tanyakan ke dokter akan obat sakit kepala yang manjur.

Kelelahan dan sepeerti mabuk laut, solusinya jangan mengendarai kendaraan, perbanyak istrahat jika berkelanjutan hubungi dokter.

Ruam, sakit pada persendian, mimpi buruk, dan susah tidur, sousinya jika hal ini tidak kunjung hilang segeralah mengunjungi dokter Anda.