Arti Test Viral Load Tidak Terdeteksi

Square

arti tes viral load tak terdeteksi

Apakah hasil viral load tak terdeteksi merupakan jenis hasil tes HIV negatif yang baru?

Banyak orang yang belum paham benar mengenai apa arti hasil tes viral load ‘tak terdeteksi’ atau ‘undetectable’, dan bahkan diantara mereka ada yang salah paham untuk mengartikan hal ini sebagai hasil tes HIV yang negatif.

 

Orang dengan status positif HIV bisa mencapai tingkatan hasil viral load tidak terdeteksi setelah mereka mengikuti terapi ARV. Pada level virus HIV seperti ini maka orang dengan positif HIV menjadi lebih tidak muah untuk menstransmisikan virus ini ke orang lain. Hasil viral load tak terdeteksi bisa mencegah transmisi virus hingga 96%. Orang dengan positif HIV bisa terus pada tingkatan ini jika mereka terus mengkonsumsi ARV.

 

Jadi apa arti hasil viral load tak terdeteksi?
Hasil viral load tak terdeteksi artinya bahwa virus yang ada di dalam tubuh Anda tidak dapat di deteksi oleh alat lab manapun. Tidak terdeteksi artinya bukan berarti didalam tubuh Anda sudah tidak ada virus HIV sama sekali.

Hasil viral load tak terdeteksi artinya bahwa virus yang ada di dalam tubuh Anda tidak dapat di deteksi oleh alat lab manapun. Tidak terdeteksi artinya bukan berarti didalam tubuh Anda sudah tidak ada virus HIV sama sekali

 

Akan tetapi di dalam tubuh Anda masih terdapat virus dimana jumlahnya sulit untuk dihitung dengan menggunakan alat yang ada di laboratorium. Tiap lab memiliki standar tersendiri mengenai jumlah virus yang dikategorikan tidak terdeteksi ini. Biasanya jumlah virus dibawah 75 atau 50 virus per mililiter darah dikategorikan sebagai tak terdeteksi.
Samakah ‘tak terdeteksi’ dengan hasil tes VCT yang negatif?
Ini jelas tidak sama. Hasil tes VCT negatif mengindikasikan bahwa di dalam tubuh Anda belum dibuat antibodi HIV sehingga tes VCT hasilnya negatif. Tes VCT merupakan analisis yang melibatkan pemeriksaan antibodi hiv. Antibodi HIV ini dihasilkan tubuh sebagai respon tubuh atas adanya virus HIV di dalam tubuh kita.

 

Tubuh memerlukan waktu untuk bisa menghasilkan antibodi HIV ini, dari virus masuk ke tubuh hingga dibuatnya antibodi ini bisa memakan waktu antara tiga minggu hingga enambulan.
Pentingnya mengkonsumsi ARV walau hasil viral load tak terdeteksi
Jika hasil tes Anda tak terdeteksi namun Anda memutuskan untuk meninggalkan ARV maka kemungkinan besar virus HIV akan mulai berkembang biak lagi dan hasilnya akan menggerogoti sistem imun Anda.

Dengan konsumsi ARV secara rutin dan patuh kondisi pada keadaan ini akan dapat terus dijaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *