Apa Yang Terjadi Setelah HIV Masuk Ke Dalam Tubuh Anda?

Setelah tubuh Anda dimasuki virus HIV maka tubuh Anda memerlukan waktu sekitar 2 minggu hingga enam bulan untuk bisa menghasilkan antibodi. Nah pada periode ini jika kalian melakukan tes VCT maka hasilnya adalah negatif (test VCT mengggunakan antibodi hiv yang dihasilkan virus untuk bisa memastikan anda + atau -).

Waktu dimana virus mulai masuk ke dalam tubuh hingga tubuh bisa menghasilkan antibodi virus disebut dengan ‘periode jendela’ atau ‘periode serokonversi’ . Tapi ingat ya guys pada saat ini Anda bisa meularkan virus ini ke orang lain juga 🙂

tahap selanjutnya adalah sebagai berikut

 

Tahap awal
Pada tahap ini tubuh Anda masih sehat, CD4 diatas 500. Orang yang terinfeksi belum menunjukkan gejala penyakit.

 

Tahap kronis
Periode ini memerlukan waktu beberapa tahun tergantung dari satu orang ke orang lain. Pada tahap ini CD4 anda mulai mengalami penurunan (turun dari 499-200. Beberapa gejala hiv sudah mulai terlihat. Akan tetapi beberap pasien tidak menunjukkan gejala tapi virus tetap bereplikasi dan sistem imun Anda mulai melemah.

 

Tahap AIDS
Jika pada tahap kronis Anda tidak diobati maka sel CD4 Anda akan mulai

menurun hingga dibawah 200. Tahap inilah yang disebut sebagai AIDS. Rata-rata jika hiv tidak diterapi maka orang masuk tahap AIDS memerlukan waktu antara 10-12 tahun setelah infeksi awal terjadi.

Beberapa penyakit pada tahap ini mulai menyerang Anda, yang biasa disebut sebagai infeksi oportunistik (IO) seperti pneumonia, kanker, TBC,

toksoplasma, meningitis, diare kronis, terjadi kebutaan akibat virus CMV,

pembengkakan kelenjar limfa dan lainnya.

gejala gejala aids

Beberapa orang mengalami transisi dari HIV+ ke AIDS begitu cepat hingga memakan waktu beberapa tahun saja. AIDS sangat fatal pada kisaran 18 bulan hingga 24 bulan sejak berkembang dan biasanya pada tahap ini bisa menyebabkan kematian.

Inilah pentingnya mengetahui status dan memeriksakan VCT secara rutin, deteksi dini bisa menghindari kita dari perkembangan HIV menjadi AIDS. Dan jika diobati maka orang dengan HIV+ bisa hidup sehat seperti orang normal.