Apa itu Tes Viral Load?

Square

Tes viral load
Tes viral load adalah tes yang dilakukan untuk menentukan jumlahvirus HIV yang ada di dalam setiap mililiter darah Anda, biasanya dinyatakan dalam satuan ‘copies’.

Tes viral load dipakai oleh dokter untuk mengetahui informasi kesehatan Anda tentang seberapa efektif terapi ARV yang Anda lakukan. Setelah Anda melakukan terapi ARV maka seharusnya jumlah virus Anda mengalami penurunan, inilah tujuan Anda meminum ARV.


Berapa jumlah virus yang normal?

Pada saat Anda di vonis hiv dan anda mengalami infeksi oportunistik, bisanya jumlah virus mencapai nilai satu hutah lebih, namun dengan terapi ARV maka jumlah virus akan mengalami penurunan.

Satu bulan terapi ARV seharusnya jumlah virus turun sepersepuluhnya, misalnya dari 1 juta turun menjadi 100.000 kemudian menjadi 10.000 hingga sampai tak terdeteksi.


Apa arti dari jumlah virus yang tak terdeteksi?

Jika hasil jumlah virus Anda dibawah 50-75 maka biasanya disebutkan bahwa virus tak terdeteksi. Jumlah virus yang bsa diukur dengan aat viral load adalah lebih dari 50 hingga jutaan.

Jadi jika hasil Anda tak terdeteksi ini bukan berarti anda tidak memiliki julah virus sama sekali, akan tetapi jumlah virus dalam darah Anda adalah kurang dari 50-75 virus per mililiter darah. Dan Anda masih bisa menularkan virus ini ke orang lain.


Berapa biaya tes viral load

Biaya tes viral load lumayan mahal yakni antara 1 juta – 2 juta rupiah. Tes ini di Indonesia tidak wajib dilakukan pasien, namun jika Anda memiliki uang berlebih disarankan untuk melakukan tes viral load.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *