apa itu prep hiv

apa itu prep

PrEP singkatan dari Pre-exposure prophylaxis adalah salah satu cara dimana individu yang tidak positif HIV dan individu ini beresiko tinggi untuk tertular HIV dilakukan pencegahan agar tidak terinfeksi HIV dengan cara meninum pil setiap hari.

Pil yang diminum ini bernama dagang Truvada, dimana satu pil ini mengandung dua obat yaitu tenofovir dan emtricitabin. Truvada adalah obat yang digunakan untuk terapi ARV bagi odha yang dipakai bersama kombinasi ARV jenis lainnya.

Ketika seseorang terpapar virus HIV melalui hubungan seks beresiko, atau penggunaan jarum suntik bersama maka obat yang ada di dalam tubuh mereka ini mampu menjaga agar virus HIV tidak menimbulkan infeksi yang permanen.

Jika diminum setiap hari, PrEP mampu melindungi seseorang dari terinfeksi HIV yang ditularkan melalui seks hingga 99% (berdasarkan hasil studi). Sedangkan pada pengguna IDU (injection drugs users) PrEP mampu melindungi hingga 74% jika diminum setiap hari. PrEP yang tidak diminum setiap hari efektifitasnya akan berkurang.

Individu yang ingin memulai PrEP harus konsisten untuk meminum obat ini setiap hari dan rutin kelayanan untuk melakukan follow up setidaknya setiap tiga bulan sekali. PrEP tidak melindungi seseorang dari IMS (Infeksi Menular Seksual) lainnya.

PrEP dipergunakan diseluruh Amerika sejak 2012. Penggunaan truvada untuk PrEP disetujui oleh FDA Amerika pada tahun 2012 untuk dipakai pada individu yang berusia minimal 18 tahun.

Referensi:
https://www.cdc.gov/hiv/risk/prep/index.html
http://www.whatisprep.org/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *