Amankah Membawa ARV Saat Naik Pesawat?

amankah-membawa-arv-saat-naik-pesawat

Beberapa teman menanyakan tentang apakah boleh membawa ARV saat naik pesawat? Pertanyaan ini memang masuk akal untuk diajukan mengingat saat akan naik kapal terbang seluruh bawan termasuk diri kita juga akan diperiksa melalui X-ray.

 

Nah, berdasarkan pengalaman saya selama naik pesawat ke Jakarta dan Denpasar ternyata aman-aman saja tuh membawa ARV di dalam tas saya. Saya lolos pemeriksaan X-ray. Artinya juga bahwa ARV bukanlah jenis obat-obatan terlarang. Bahkan saya membawa dengan botolnya sekaligus dengan label yang telah saya buang.

 

Bagaimana dengan membawa ARV ke luar negeri?
Terdapat pasien yang mengambil ARV di rumah sakit yang sama seperti saya yang sering pergi keluar negeri hingga beberapa bulan. Dan menurut info yang diberikan oleh suster disana yang kenal pasiennya ternyata aman-aman saja. Bahkan si pasien bisa mengambil stok ARV untuk beberapa bulan saat dia tinggal di luar negeri dengan menunjukkan tiket ppnya.

Oh ya saya juga punya teman yang sekolah S2 di Eropa dari info yang diberikan oleh teman saya ini, teman yang bersekolah di Eropa tersebut mengambil ARV setiap enam bulan sekali di Indonesia.

 

Jadi bro dan sister jangan takut ya kalau kita sedang membawa ARV saat naik pesawat toh ARV kan bukan obat terlarang 🙂