25 Tahun Hidup Dengan HIV: Magic Johnson

Square

Siapa yang tak kenal dengan Magic Johnson, mantan pemain basket dari Los Angeles Lakers yang telah membawa tim ini lima kali menjadi jawara liga basket di Amerika. Johnson adalah pemain basket profesional dalam sejarah perbasketan di Amerika. Lelaki ini pernah bermain melawan Larry Bird, Dr. J, George Gervin, Michael Jordan, Isiah Thomas dan pemain hebat lainnya.

Namun sayang karir basketnya berhenti sejak 7 Nopember 1991 dimana pada saat itu dia mengadakan press konference yang mengumumkan bahwa dirinya terinfeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Masih hidupkah si Magic Johnson ini?

Jawabannya adalah YA, dan 7 Nopember 2016 ini adalah perayaan 25 tahun Magic Johnson hidup bersama HIV. Bahkan di dalam situsnya theplaybook.magicjohnson.com dia menulis kata sebagai berikut,
cerita-magic-johnson-yang-merupakan-odha

 

Apa yang membuat Johnson masih hidup hingga sekarang?
Johnson mengungkapkan bahwa percaya kepada Tuhan dan menerima dengan ikhlas apa yang menjadi rencana-Nya adalah bagian terbesar yang menyumbang dia masih tetap sehat hingga sekarang. Johnson mengambil tindakan untuk mau melanjutkan kehidupannya walau dia terinfeksi HIV. Selain itu semangat untuk tetap berkarya untuk mewujudkan hal yang bermanfaat bagi komunitas mendorong Johnson untuk mendirikan Magic Johnson Enterprises (MJE).

magic-johnson-25-tahun-hidup-dengan-hiv

Menurut sebuah laporan yang dilansir oleh LiveScience di dapat bahwa Johnson mengkonsumsi obat ARV yang dipakai oleh pasien HIV saat ini dimana dengan ARV maka seseorang yang terinfeksi virus dapat mencegah agar tidak jatuh ke fasa AIDS. Bahkan Johnson dulu terlibat dalam eksperimen ARV tahun 1994 sebelum ARV di perdagangkan secara bebas pada 1996.Johnson dikabarkan saat ini mengkonsumsi ARV jenis reverse transcriptase inhibitor serta protease inhibitor.

Pentingnya ARv untuk memperpanjang hidup ODHA
Dari cerita diatas dapat kita ketahui bahwa ARV adalah obat yang mampu meningkatkan kulaitas hidup ODHA, selain itu dengan ARV ODHA memiliki kesempatan hidup yang sama seperti orang normal lainnya.

Jika saat ini kamu terinfeksi HIV maka itu bukanlah akhir dari segalanya. Seperti Magic Johnson yang telah mengkonsumsi ARV maka kita memiliki kesempatan hidup yang lebih lama seperti halnya dia yang bisa bertahan 25 tahun bersama HIV.

Bercermin Pada Magic Johnson
Saat ini banyak odha  yang tidak percaya dengan manfaat ARV dan bahkan ada yang menganggap bahwa HIV itu adalah sebuah konspirasi. Dengan cerita Magic Johnson diatas setidaknya kita bisa bercermin bahwa terapi ARV adalah satu-satunya saat ini yang bisa meningkatkan kualitas hidup odha.

ARV saat ini sudah tersedia berbagai ragam jenisnya, bayangkan Johnson saat memulai terapi hanya memiliki sedikit pilihan dan efeknya tentu lebih banyak dia derita di bandingkan dengan kita saat ini.

Inti yang ingin saya katakan pada kalian semua para odha yang ada di Nusantara adalah, bagaimanapun kondisimu sekarang, baik odha yang baru dideteksi, odha yang sudah lama terdeteksi, odha yang putus ARV, atau bahkan menyerah pada nasib maka saya sarankan mari yok kita bercermin pada cerita Magic Johnson.

Pikirkan jika Johnson 25 tahun lalu menyerah, tidak mau mencoba eksperimen ARV, apakah cerita ini akan muncul disini hari ini? coba renungkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *